3/25/2013

Sensasi dan Persepsi

Sekilas tentang sensasi dan persepsi

Sensasi adalah bagian dari persepsi. Sensasi adalah proses menangkap stimuli dan tahap paling awal dalam penerimaan informasi sedangkan persepsi adalah proses memberi makna pada sensasi sehingga manusia memperoleh ilmu baru. Pengalaman elementer yang segera, yang tidak memerlukan penguraian verbal, simbolis, atau konseptual, dan terutama sekali berhubungan dengan kegiatan alat indera termasuk dalam sensasi. Sedangkan suatu proses aktif timbulnya kesadaran dengan segera terhadap suatu obyek yang merupakan faktor internal serta eksternal individu meliputi keberadaan objek, kejadian dan orang lain melalu pemberian nilai terhadap objek termasuk dalam persepsi. Mekanisme penginderaan manusia yang kurang sempurna merupakan salah satu sumber kesalahan persepsi.

Perbedaan sensasi dengan persepsi

Sensasi menerima stimulus lewat indera sedangkan persepsi menafsirkan stimulus yang telah ada dalam otak. Menurut beberapa pendapat, sensasi lebih ke perasaaan, dan persepsi lebih berhubungan dengan pemikiran kognitif. 
Contoh pengalaman pribadi sensasi dan persepsi

Biasanya pada saat kompetisi gaming, jantung saya berdetak cepat dan tangan bergetar apalagi jika tim lawan yang akan dihadapi adalah tim yang sudah terkenal kemampuannya.. Mengenai persepsi, saya orang yang terlalu cepat menilai orang dari penampilannya. Padahal, orang yang kita nilai itu belum tentu sama persis dengan apa yang kita pikirkan.

No comments:

Post a Comment