3/25/2013

Teori Belajar

Kelompok 7
Modifikasi Perilaku
101402084 - Sindi Abul Khairi
101402110 - Qhalby Mulya
111402029 - Kendy Wisantama
111402047 - Naomi C Hutabarat
111402095 - Roy P Ginting

Salah satu tokoh yang mengemukakan mengenai modifikasi perilaku adalah Edward Thorndike, seorang psikologis amerika. Prinsip teori Thorndike adalah belajar asosiasi antara kesan panca indra (sense impression) dengan impuls untuk bertindak (impulse to action). Objek eksperimen Thorndike adalah kucing, dimana kucing di masukkan dalam kurungan dan ditaruh makanan di depan kurungan. Kucing terus berusaha untuk keluar dari kurungan dan mendapatkan makanan itu. Dengan proses trial dan error, akhirnya kucing itu menemukan jalan untuk keluar dan mendapatkan makanannya. 

Teori koneksionisme disebut juga S.R. Bond Theory dan S.R.Psychology atau terkenal dengan sebutan "trial and error learning". Teori ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  • Adanya motif yang mendorong aktifitas.
  • Adanya berbagai respon terhadap situasi.
  • Adanya eliminasi respon-respon yang gagal atau salah.
  • Adanya kemajuan reaksi-reaksi dalam mencapai tujuan.
Contoh konkrit sehubungan dengan dinamika mahasiswa TI berdasarkan teori ini :

  •  Seorang mahasiswa TI kesulitan dalam membuat program dan setiap mencoba compile programnya selalu muncul pesan error. Mahasiswa tersebut akan melihat di mana letak error tersebut, dengan melalukan coding ulang, sedikit demi sedikit pesan error yang didapat semakin berkurang sampai akhirnya program tersebut tidak memunculkan pesan error lagi.

No comments:

Post a Comment